Asal Mula Surfboard

Posted on Rabu, 26 Mei 2010 |

Jauh sebelum kapten Cook berlayar memasuki teluk kealakekua pada tahun 1778, orang – orang Hawaii telah menguasai tehnik berdiri tegak di atas papan selancar sambil meluncur cepat menuju pantai. Papan selancar awal ini dibuat dai kayu keras berukuran panjang 4,5 meter dan bobotnya mencapai 68 kg!

Papan selancar ini sulit dikayuh dan banyak orang mengira hanya orang hawai saja yang bisa menggunakannya. Namun jelang abad ke 20,papan selancar diperkecil dan diperingan bobotnya.Kemudian selancar mulai populer di kalangan sekolah.pada tahun 1907, George Freeth, seorang pemuda keturunan Irlandia – Hawaii pindah ke California Selatan, tempat ia mempopulerkan olahraga ini dikalangan anak muda Amerika.Setelah PD II,California Selatan menjadi tempat percobaan papan selancar. Para perancang membuat Skeg (sirip ekor) dibagian belakang dan menambahkan tali yang nantinya diikatkan pada pemakai papan.

http://www.chinawholesalegift.com/pic/Sport-Outdoor-Leisure-Gifts/Surfboard/Surf-Board/Sand-Finished-Surf-Board-11424953245.jpg


Papan kemudian bahannya diganti dengan styrofoam berlapis fiberglass+resin. Ini menghasilkan papan seluncur yang lebih cepat,ringan dan kuat.Sehingga memungkinkan untuk dipake siapa saja.

0 komentar:

Posting Komentar

My Friends

Beriman,Berilmu,Beramal

follow us in twitter

follow us in twitter

Followers